Minggu, 04 Maret 2012

KRI Ki Hajar Dewantara (364)








KRI Ki Hajar Dewantara merupakan kapal perusak kawal berpeluru kendali. Kapal ini memiliki kemampuan jelajah dan persenjataan yang sangat efektif di daerah kawasan perairan Indonesia. Nama kapal ini diambil dari nama pahlawan nasional Indonesia, yaitu Ki Hajar Dewantara yang merupakan bapak pendidikan nasional. 


KRI Ki Hajar Dewantara digerakkan oleh dua mesin diesel jelajah yang dapat mendorong kapal ini dengan kecepatan hingga 27 knot. Kapal ini memiliki berat 1.850 ton. Kapal ini dapat membawa awak sebannyak  hingga 205 awak, diantarannya 91 pelaut, 14 instruktur dan 100 taruna. Kapal ini juga memiliki dek helikopter untuk helikopter NBO-105. NBO adalah helikopter buata Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN). Helikopter ini berfungsi sebagai helikopter anti kapal selam dan transportasi.  


KRI Ki Hajar Dewantara merupakan bagian dari armada pemukul, sehingga kapal ini dipersenjatai dengan berbagai senjata untuk menjaga wilayah perairan Indonesia. diantarannya adalah 4 rudal MM-38 Exocet buatan Perancis dengan jangkauan maksimal 42 km, 2 meriam serangan udara Rheinmetall kaliber 20 mm dengan jangkauan 2 km di udara, 1 meriam bofors 57/70 kaliber 57 mm dengan jangkauan 17 km untuk target permukaan dan udara dengan pemandu tembakan Signal WM28, dan masih banyak lagi. 






     














Tidak ada komentar:

Posting Komentar