Jumat, 30 Maret 2012

Tank Leopard Indonesia





Untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, Indonesia sangat membutuhkan tank kelas berat (Main Battle Tank /MBT) dengan berbagai macam kemampuan. Untuk itu Indonesia berencana akan membeli 100 unit Tank Leopard A26 eks Belanda seharga USD 280 juta. Tank Leopard merupakan salah satu tank berat terbaik didunia. Kemampuan Tank Leopard telah melebihi Tank M1A2 Abrams buatan Amerika Serikat. Saat ini Indonesia hanya mengandalkan tank tank ringan. Sampai saat ini Indonesia masih belum memiliki tank kelas berat (Main Battle tank/MBT).


Ada beberapa pihak mengatakan jika rencana pembelian tank tersebut kurang tepat, karena jenis tank Leopard kurang cocok untuk kondisi alam di Indonesia. Menaggapi komentar tersebut Kepala Staf Angkatan Darat  (KSAD) Jendral TNI Pramono Edy Wibowo menampiknya. Bahkan kata Edy, sejumlah negara Asia Tenggara yang kondisi alamya relatif sama dengan Indonesia telah menggunakan tank kelas berat tersebut. 


Saat ini Indonesia hanya mengandalkan tank ringan seperti AMX 13 dan Scorpion. Tank tank ringan ini tentu bukan tandingan tank kelas berat yang beratnya lebih dari 50 ton. Tank ringan seperti Scorpion hanya mengandalkan senjata cannon 76mm. Coba bandingkan dengan tank kelas berat yang memiliki senjata cannon 120mm. Dan juga armor tank kelas berat, tentu bukan tandingan tank ringan.     


Negara tetangga kita saja seperti Singapura telah memiliki tank kelas berat sejak tahun 1980an. Karena tidak memiliki tempat Singapura menaruh tank tersebut di Taiwan, Sehingga mereka dapat berlatih di sana. Demikian dengan negara negara ASEAN lainnya.  



















sumber
http://news.okezone.com/read/2012/01/18/339/559220/ksad-tank-leopard-cocok-dengan-kondisi-alam-indonesia

http://news.detik.com/read/2012/01/18/040924/1818340/10/indonesia-butuh-monster-lapis-baja-sekelas-tank-leopard-2a6


Tidak ada komentar:

Posting Komentar