Minggu, 04 Maret 2012

KRI Nanggala (402)







KRI Nanggala adalah kapal selam kelas Cakra milik Angkatan Laut Indonesia. KRI Nanggala termasuk dalam armada pemukul TNI Angkatan Laut. Kapal selam lain dalam kelas Cakra adalah KRI Cakra 401. Kedua kapal ini dibuat di Howaldtswerke, Kiel, Jerman. Kapal ini merupakan kapal selam tipe 209/1300, yaitu tipe kapal selam yang banyak digunakan oleh Angkatan Laut seluruh dunia. Namanya diambil dari nama senjata Pewayangan Nanggala. 


Tenaga digerakkan oleh motor listrik Siemens. Sama seperti KRI Cakra 401. Tenaga Motor Listrik didapatkan oleh baterai baterai yang dibuat oleh Varta (low power) dan Hagen (high power). Baterai baterai itu diisi oleh generator yang diputar 4 mesin diesel MTU jenis Supercharged. Mesin ini dapat mendorong kapal hingga kecepatan 21,5 knot. 


Sebagai armada pemukul, KRI Nanggala dipersenjatai dengan 14 buah Torpedo didalam 8 tabung. Dalam sejarahnya, KRI Nanggala pernah melakukan latihan bersama dengan US-Navy pada 27 mei sampai 3 juni 2002. Latihan ini berlangsung di daerah perairan Laut Jawa, Selat Bali dan Laut Situbondo. 
























        









Tidak ada komentar:

Posting Komentar